Sabtu, 12 Desember 2020

Perbedaan dari Micro USB & Type - C USB

Perbedaan dari Micro USB & Type - C USB

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan dari USB type c dan Micro USB ,Mungkin dari segi bentuk kedua usb tersebut tidak berbeda jauh namun sering kali kita tertukar dari fungsi nya ,jadi simak penjelasan dibawah ini.

Micro USB memiliki bentuk yang lebar dan pipih, dan termasuk salah satu konektor yang mudah ditemui. Sampai sekarang, Micro USB masih tersemat di banyak smartphone dan perangkat pendukungnya seperti powerbank. 

Port USB yang sangat kecil yang ditemukan di banyak ponsel, tablet, dan perangkat portabel non-Apple lainnya adalah soket Micro USB. Jauh lebih kecil dari USB Tipe A dan B, Micro USB juga memiliki ketebalan setengah dari Mini USB (lihat ilustrasi di bawah). Micro USB telah digantikan oleh USB Tipe C pada banyak produk baru. Lihat Mini USB, USB Tipe C, USB 3.0, USB OTG, dan USB.

Sebelum kemunculan tipe konektor terbaru, Micro USB lebih dulu populer sebagai konektor standar yang menghubungkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Kabel micro USB memiliki fungsi sebagai alat penyalur daya untuk mengisi baterai handphone serta mentransfer file antar perangkat.

USB Type-C adalah konektor standar industri untuk mentransmisikan data dan daya pada satu kabel. Konektor USB-C dikembangkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF), grup perusahaan yang telah mengembangkan, mensertifikasi, dan menggembalakan standar USB selama bertahun-tahun. USB-IF memiliki lebih dari 700 perusahaan dalam keanggotaannya, di antaranya Apple, Dell, HP, Intel, Microsoft, dan Samsung.

USB Type-C terlihat mirip dengan konektor micro USB pada pandangan pertama, meskipun bentuknya lebih oval dan sedikit lebih tebal untuk mengakomodasi fitur terbaiknya: flippability.

USB Type-C yang hadir dengan steker berbentuk melengkung di masing-masing sisi, meski dalam hal ukuran serupa dengan micro-USB. Bentuk tersebut memberikan keunggulan terkait dengan orientasi menghubungkan steker ke port.

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir melakukan kesalahan, seperti terbalik, dalam menghubungkan kabel USB ke port pada perangkat. Selain desain, perbedaan juga ditemukan dalam hal teknis.


Load comments