Minggu, 29 Agustus 2021

Cara Install WordPress di Google Cloud Platform


Google menyediakan banyak alat dan layanan untuk meningkatkan dan membantu orang-orang di seluruh dunia. Hari ini dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda, Cara Menginstal WordPress di Google Cloud Platform dengan Versi Bitnami bersertifikat.

Sebelum kita mulai, izinkan saya memberi tahu Anda beberapa fakta menarik tentang Google Cloud Platform. Saya harap informasi di bawah ini akan mendorong Anda untuk beralih GCP, meskipun Anda sudah menghosting situs web Anda di platform yang berbeda.

Google Cloud Platform adalah sekumpulan layanan komputasi awan publik yang ditawarkan oleh Google. Seperti platform cloud lainnya, di sini Anda dapat meng-host dan mengelola situs web Anda dengan memilih CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa alasan untuk Bergabung dengan Google Cloud Platform (GCP)

Uji Coba Gratis – Google menawarkan uji coba gratis selama 12 bulan untuk menjelajahi layanan cloud-nya. Semua orang dapat memanfaatkan keuntungan ini selama Pendaftaran Google Cloud untuk pertama kalinya. Kartu kredit atau debit yang valid diperlukan untuk mengklaim saldo kredit 300 USD gratis yang dapat Anda gunakan selama masa percobaan (Berlaku selama 365 Hari). Setelah mengakhiri uji coba, mereka tidak dikenakan biaya otomatis, mereka akan bertanya kepada Anda, dan Anda juga dapat memilih paket Anda. Jadi jika Anda baru dalam blogging, maka itu bisa menjadi tempat terbaik Anda untuk berlatih. Pemilik situs web yang ada juga dapat bergabung di sini dan mengambil peluang uji coba ini.

Paket dan Harga yang Wajar – Anda dapat meng-host situs web Anda di Server Google Superfast dengan harga kurang dari $5 per bulan. Sesuai kebutuhan Anda, Anda juga dapat menyesuaikan paket.

Server Cepat – Di Google Cloud, Anda akan merasakan kecepatan yang sangat cepat dibandingkan dengan platform cloud lainnya.

Aman – Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan Anda saat berada di server Google. Dalam hal keamanan kami, kami dapat mempercayai dan merasa aman dengan google karena server google lebih aman daripada penyedia hosting lainnya.

Waktu Aktif Terjamin – Hosting awan menyalin situs Anda ke beberapa server. Jika satu turun, yang lain akan menggantikannya. Ini berarti Anda akan mengalami hampir 100% waktu aktif.

Meskipun menghosting WordPress di Google Cloud adalah pilihan yang bagus, tetapi ini bisa menjadi tantangan jika Anda baru mengenal dunia pengembangan. Namun, jangan khawatir saya akan menjelaskan kepada Anda semua, dan memandu Anda untuk Menginstal dan menyiapkan situs WordPress Anda di Google Cloud.


Langkah-langkah Untuk Menginstal WordPress Di Google Cloud Platform

Daftar atau Masuk ke Dasbor Google Cloud Anda

Untuk memulai, kunjungi cloud.google.com dan buat akun untuk Anda sendiri atau jika Anda sudah memiliki akun, masuk saja ke akun Anda. Selama Pendaftaran, Anda harus memasukkan nama, alamat, nomor telepon, kartu kredit/debit, dan beberapa detail lainnya. Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran atau masuk ke akun Google Cloud Anda, maka Anda dapat melihat Dashboard Google Cloud Anda seperti screenshot berikut.

Buat Proyek Baru

Sekarang mulailah membuat proyek pertama Anda di GCP dengan mengeklik tautan “Pilih Proyek” di samping kotak telusur. Setelah mengklik tautan, sebuah kotak baru akan terbuka, dan di sana Anda perlu mengklik opsi "Proyek Baru" untuk membuat proyek pertama Anda. Sekarang tuliskan nama proyek Anda dan Klik Tombol “BUAT” untuk menyelesaikan proses pembuatan proyek Anda.

Pilih Proyek Anda dan kemudian pergi ke Marketplace

Setelah pembuatan proyek, Anda akan diarahkan ke area Dasbor Google Cloud Console, di sana Anda harus memilih proyek Anda dan kemudian klik tautan Marketplace dari menu Navigasi.

Jalankan dan Instal Script WordPress

Di halaman Marketplace, Anda dapat melihat bilah Pencarian seperti tangkapan layar berikut di bawah ini. Ketik di sana "WordPress Bitnami" dan kemudian tekan untuk pencarian. Anda dapat melihat beberapa opsi, pilih "WordPress Certified by Bitnami" dari mereka dan kemudian klik "Luncurkan di Compute Engine."


Terapkan WordPress & Konfigurasikan Instance

Setelah mengklik Luncurkan di Compute Engine, Anda dapat mengedit atau mengubah nama Deployment, Lokasi atau Zona Server, Jenis mesin, RAM, Jenis disk (SSD atau Standar), Ukuran disk, dll. Selain opsi ini, Anda juga memilih kotak centang Izinkan Lalu Lintas HTTP dan Izinkan Lalu Lintas HTTPS. Sekarang Anda perlu menekan tombol Deploy untuk menyelesaikan konfigurasi. Ini akan memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah selesai, Anda akan melihat IP situs Anda dan semua detail lainnya sebagai berikut –


Instalasi WordPress Anda berhasil diselesaikan. Jika Anda ingin mengunjungi situs Anda, klik alamat IP eksternal Anda dan Anda dapat melihat situs web WordPress Anda aktif.

Sekarang catat kredensial WordPress Anda untuk login ke panel admin Anda dan penggunaan lebih lanjut. Setelah login ke akun WP Anda harus mengubah kata sandi admin WordPress sementara Anda.

Jadi, Dalam tutorial ini, Anda belajar Cara Menginstal WordPress di Google Cloud Platform menggunakan Certified Bitnami Version Of WordPress

Secara default, akan ada alamat IP yang ditetapkan pada URL situs web Anda, dan Anda dapat mengubah atau menggantinya dengan nama domain Anda. Panduan itu akan dipublikasikan di tutorial kami berikutnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang panduan ini, silakan beri tahu kami dengan berkomentar di bawah.

Load comments